Langsung ke konten utama

TK dan SD sekitaran BSD

Saking banyaknya pengunjung di ceritaku tentang hunting tk buat Marry, kuputuskanlah untuk menulis lagi tentang TK dan SD yang ada sekitaran BSD tempatku tinggal saat ini.

Mary sekarang kelas 2SD sanur, dan Keziah, di TKA sanur.
Perjuangan untuk masuk kesini ga susah kayak yang beredar diluaran deh. Simpel aja, asal duitne cukup, hehehe....

Keziah, si bungsu, sebelum masuk TKA Sanur, Playgroup an dulu di Kinderfield. And its really a Greaaaattttt school, i think :) 
Alasannya aku masukin kez di kinderfield sebenarnya di masalah biaya. Di 2012, kami ga sanggup masukin kez di sanur, krn dari PG, biayanya 17,5juta unt uang masuk aja waktu itu. Sementara, kita baru pindah dari kalsel, n baru masukin Mary ke TKB Sanur yang NB ga nyampe setaon lagi, kudu bayar uang masuk 10jt, ditambah uang skul SD yg sdh buka pendaftaran di angka 20jt. Jadilah kez masuk kinderfield, dengan biaya waktu itu, 3jeti untuk uang masuk sampai Selesai TK, dan bulanan 800rb. Tahun kemarin, bulanannya naik 1,2 klu ga salah ingat. 

Awalnya kez stress ditempat itu. Kinderfield menurutku sangat nekanin bidang akademis, walaupun tetep sambil maen. Kez yang ga biasa pakai english, wajib dengar itu setiap 3x/minggu, and sdh diajarin huruf. Sering dia ga mau masuk sekolah, harus dibujuk2 dulu. Sempet nyesel malah masukin kez disitu. Tapi sodara sodara....., itu hanya di term1, 3 bln pertama. Memang sebagai ortu, kita harus awasin semua perkembangan kejiwaan anak spy dia ga berkembang ke arah negatif. Dan aku ngeliat hasilnya, di term2 mulai ada perubahan, kez mulai adaptasi. Term 3 n 4 she's really awesome :) :) 
Tapi, krn pengalaman di term 1 nya, aku sdh ngelirik2 TK sanur untuk lanjutinnya. Pendaftaran sekolah2 sekarangkan emang cepet banget kan. Di okt-nov waktu dulu sanur dah buka pendaftaran, dan aku takut klu kez ga bakal dapat tempat lagi waktu itu, krn dengar2 banyak peminatnya... 
Sudahlah kudaftarin kez di TK sanur. But nyesel setelah liat term3 n 4 nya. Dia berkembang pesat bukan hanya di bahasa, tapi akademisnya ok banget. Keziah termasuk yang performance di usia PG dah bisa nulis sendiri namanya di papan tulis. 

Begitupun, saya tetep semangat masukin kez di TK sanur, krn nama SANUR sdh puluhan tahun terjaga dengan baik. Saya percaya itu.
Daftarin saat itu, unt TA 2013/14 uang skul dah pada naek. Nyesel juga ga masukin dari taon kemarin. Dari PG kena 20jt. Kalau Kez, dari TKA kena15 jt. SD kena 25 jt/atau 30ya?
Uang spp pun naik. Taun sebelumnya 800rb-900rb/bln. Taon 13/14, mary sd kls 2 dari 900rb/bln jadi 1.150rb/bln. Kez sppnya 1.250/bln. Dan yang perlu dicatat, tiap tahun bakal naik untuk SPP. 
Kenaikannya beda2. Ada yang cuman 100rb, ada 150rb, ada 250rb. Dinilai dari mana, ga ada yang tau... Capek mikirinnya, mending doa supaya rejeki lancar trusssss.....

Nah, soal isi ajarannya. Satu yang saya tangkap setelah menyekolahkan anak2 disitu selama 3 th terakhir , Sanur adalah sekolah dengan penekanan ke arah kedisiplinan dan karakter. Sangat beda dengan sekolah2 lainnya. Beda banget waktu kez di PG kinderfield, sdh diajar huruf n angka, KGnya sdh diajar baca in english. Di Sanur, kez ga diajar huruf, angka, apalagi baca. kegiatannya lebih ke arah motorik, pengenalan dunia luar, karakter, kerohanian,n pasti disiplin. 
Kadang iri ngeliat anak tetangga kayaknya lebih jauh mantepnya di bidang akademis dp anak kita. Tapi  solusinya adalah dengan nge les in mereka. Yang saya tau sih, belajar math jauh lebih mudah dibanding belajar disiplin.... Gitu kata orang orang. Jadi, tetep, ga nyesel masukin di Sanur nya.

Sebagai info tambahan,
Katanya, skul lain di BSD, misale st.john uang masuk lebih murah, tapi bulanannya mahal. PG/KG taon lau aja 1,5jt/bln. Taon ini maybe ampe di 2jt. 
Stella maris, emg lebih murah, bisa nyicil lagi, untuk uang masuknya.
Oel, ga ada info sih...
Soli Deo juga ada, tapi ga tau harga

Yang aku rekom sih, sepanjang pengetahuanku adalah: Sanur, St. John, Binus. Yang muahallll banget pasti ada lagi, tapi itu ga popular banget menurutku. Kayak DIS, SWA, JNS.
jns sempat ditawarin uang masuk gratis, bulanan 2 juta unt kategori KG. Tapi ini skul baru yah, belum ada gossip2 nya di dunia maya. 

Ok moms....
Selamat searching dehhhh....

Komentar

  1. Hi mom, salam kenal yah...
    saya lagi googling cari2 sekolah sekitar BSD trus mampir ke sini deh.
    Thx banget buat info2 sekolahnya.
    Sebenernya anak saya baru 2 tahun sajah.... tapi emang saya mikir buat ke depan nya. apa mau masukin preschool (yg mostly in english kan yaaa), tp kl nantinya mau masuk sanur (yg bhs indo) mulai dari KB koq ya kayanya sayang ya.... br belajar english 1 th abis itu back to indo lagi ya.
    Kalo jd masuk preschool, apa mau dilanjut dgn sekolah2 international (yg ga sanggup byr nya), atau national plus (yg juga mahal)..... whoaaaa maap lebay emaknya....

    BalasHapus
  2. Haloo mom. mau tanya.. kalau dari TK sanur ke SD sanur uang pangkal nya sama gak ya sama murid luar yang baru gabung ke SD sanur.
    Tq yaaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom, uang pangkal harusnya sama, tetapi ada negosisasi dari suster buat yang anaknya beberapa masuk kesitu, misale: masuk sd and masuk tk sekalian. Kalau dari luar setau saya ga ada yah mom :)

      Hapus
  3. Hai Mom,
    Mau nanya dulu waktu Kez masuk kinderworld di umur berapa? saya tertarik sama kinderworld sih untuk preschool :)
    udah lancarkah ngomongnya waktu itu?
    thank you ya.. :)

    BalasHapus
  4. pendidikan formal pertama anak-anak untuk mulai belajar dan bersosialiasasi. Jangan sampai salah pilih sekolah untuk anak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman psikotes

Ini hari yang melelahkan. Mengikuti psikotes di sebuah perusahaan grup lippo.  Sebenarnya ini lebih mudah dibanding pengalaman psikotes yang lain. Tapi, entah kenapa -mungkin karena ac nya yang terlalu dingin, atau ga prepare banget, atau...... Tapi aku lulus sih, tinggal tunggu interview bbrp jam lagi. :D Psikotesnya biasa, kayak yang di online2 itu. Judulnya ICT, atau IST yakk?? Lupa,, hadehhh.... Misale, jarak jak-surabaya, panjang uang kertas 50rb, gabung2in gambar, soal2 math yg mudah mudah tapi butuh kecepatan, dan soal math seri,  penalaran kalimat, bahasa inggris, n test memory selama 3 menit, yg soalnya dengan mudah dijumpai di internet. ( kata2 ttg bunga, binatang, perkakas, kesenian,burung) Puji Tuhan aku lulus. Tipsnya hanya satu. Rajin latihan soal, n browse sebanyak mungkin soal2nya di internet. Kali ini ga ada pauli/kreplin test, draw a man test, or gambar pohon. So,,, jauh lebih mudah dari yg pernah aku lewati.   Yang nguji juga hanya tim HR. Ga ada tim psikolognya. Tem

Hunting TK buat Marry...

Buat moms yang lagi hunting skul PG-TK, aq ada beberapa hal yang akan dibagikan. Saat ini, putriku Marry dah masuk TK-B Santa Ursula BSD. Tapi proses sebelum sampai kesana lumayan ribet, terutama pas huntingnya... pusing and cape pastinya. Diawali dengan niatan pindah dari Tanjung-Kalsel, ke Jakarta karena si Papa dah bekerja n netap di jakarta selama sekitar 6 bulan, kita mutusin akan pindah sekitar Oktober. Mengingat Mary dah 5 tahun per september and dia masih duduk di TK-A Pertamina Tanjung, kita harus move cepat. telfon sana sini -sekitaran BSD tentunya-, nyari TK yang mau terima mary langsung di TK-B. Ternyata, banyak yang oke. Saat ambil cuti sekalian ngantar mary n kesya pindah ke Jakarta, kesempatan buatku cek2 lokasi sambil berkomunikasi ama TU atau Principal skul2 tersebut. Ada beberapa sekolah yang tidak bersedia memberi informasi yang cukup via telfon, jadi harus bertemu muka. Tapi umumnya soal uang sumbangan, spp dsj ga ada yang akan mau bicara di telfon. Saat mengunjun