Langsung ke konten utama

Hunting TK buat Marry...

Buat moms yang lagi hunting skul PG-TK, aq ada beberapa hal yang akan dibagikan. Saat ini, putriku Marry dah masuk TK-B Santa Ursula BSD. Tapi proses sebelum sampai kesana lumayan ribet, terutama pas huntingnya... pusing and cape pastinya.

Diawali dengan niatan pindah dari Tanjung-Kalsel, ke Jakarta karena si Papa dah bekerja n netap di jakarta selama sekitar 6 bulan, kita mutusin akan pindah sekitar Oktober. Mengingat Mary dah 5 tahun per september and dia masih duduk di TK-A Pertamina Tanjung, kita harus move cepat. telfon sana sini -sekitaran BSD tentunya-, nyari TK yang mau terima mary langsung di TK-B. Ternyata, banyak yang oke. Saat ambil cuti sekalian ngantar mary n kesya pindah ke Jakarta, kesempatan buatku cek2 lokasi sambil berkomunikasi ama TU atau Principal skul2 tersebut. Ada beberapa sekolah yang tidak bersedia memberi informasi yang cukup via telfon, jadi harus bertemu muka. Tapi umumnya soal uang sumbangan, spp dsj ga ada yang akan mau bicara di telfon.

Saat mengunjungi sekolah 2 tersebut, aku naek motor dari tempatku, Cosmo The Icon, stop di Giant villa melati mas karena ga tau mau kemana. Saat nyari di google map, cuman liat lokasinya ada di sekitaran villa melati mas sebagian. So, aku naek ojek... hehehe...
untung ojeknya baek n ngerti sekolahan disekitaran situ.

1. Technosa School, alamat di villa melati mas, bisa googling sendiri. motto: smart,shine,share.
ada KB sd SD. Dianya makai sebuah rumah, besar n bertingkat, sekolah kristen pastinya, tapi kesan sedikit kurang bersih, banyak sampah berserakan,play ground ga ada. kelas2 juga kecil kecil. Tapi soal ramah tamah.., acung jempol deh.. mereka bahkan nawarin trial dengan fasilitas antar jemput gratisss, padahal rumahku lumayan jauh dari situ.
biayanya:
uang pangkal : KB ( 1.750.000), TK A-B (2.500.00), Paket KB-TK (3.250.000), SD(4.250.000)
uang kegiatan per tahun: KB n TK 850rb, SD 700rb.
Uang seragam: KB,TK,SD 250rb
Uang spp/bln: KB(325rb), TK(350rb), SD(375rb)
Uang buku: TK(300rb), SD(600rb)
tambahan: dapet tas sekolah, pembayaran bisa dicicil, kegiatan umumnya sama spt skul lain spt makan bersama 2x/bln, field trip,inkul, periksaan kesehatan,pentas seni,dsj.

2. Little Star, khusus PG and kindergarten aja.
Lagi lagi mereka pada ramah semua, ruangan kecil, ada tempat bermain di halaman yang bukan tanah, dah disemen smua, tapi kerasa masih kurang bersih buatku.
Tuition feenya,
Toddler(2-3th) 3hari x2jam, 200rb/bln
little star(3-4th) 3x 2,5jam, 200rb/bln
sunshine(4-6th) 5x2,5jam, 300rb/bln

uang sumbangan: PG(750rb), KG(1jt), paket(1,4jt)
uang kegiatan/thn(500rb),buku n alat tulis(500rb),seragam(200rb).
kegiatan idem

3.Soli Deo, aq lumayan tetarik, karena selain bersih, tempat bermain ada, ruangan emang kecil, guru2 pada ramah2, dan hasil googlinganku juga menunjukkan banyak yang rekomendasikan tempat ini.
Biaya KB: Uang pangkal(3,5jt)formulir(250rb),spp(425rb/bln),seragam(250rb)
Biaya TK Luar: Uang pangkal (4jt), uang form(250rb), spp(475/bln), seeragam(250rb)
catt: uang formulir akan dikembalikan 150rb jika murid jadi masuk.
kegiatan idem

4.Candle Tree School, pas ngunjunginnya... rasanya pengen mary n adiknya disini aja. skulnya bagus secara fisik n bersih tentunya. aku senang sekolah yang bersih :)
ngomong2 dengan TUnya di kantornya yang unik didepan sekolah, kesannya enak banget. orang batak bilang 'pos roha ' membawa mary n kesya skul disitu.Candle tree punya 2 tempat, yang aq kunjungin itu untuk KB and TK nya. SDnya ditempat lain sekitaran villa melati mas juga. 3 lantai, banyak ruangan untuk masing2 kegiatan. seingatku, dibawah untuk kelas2 belajarnya, lt2 ada ruangan aula yg juga dipakai untuk gereja di hari minggu, ruangan komputer, ruangan nonton tv n baca buku,n ruangan maen2.lt3 buat yayasan n kantor. ada juga kolam kecil ama play ground kecil disamping sekolah. sepertinya tempat yang asik.
formulir(60rb)
uang pangkal: KB(4,5jt), TK(6jt), paket(6,8jt)
Uang kegiatan pertahun: KB(900rb), TK(950rb),paket(900rb)
Uang spp/bln: KB(310rb), TK(340rb), paket(310rb)
Uang buku n perlengkapan/th: KB(250rb), TK(300rb), Paket(250rb)
Uang seragam: KB(250rb), TK(250rb), Paket(250rb)

5. Athalia, kalau menurutku sih yang ini unggul dehh :) tapi sayangnya marry ga bakal diterima TKB disini karena batas umurnya di agustus. kalau mau masuk di TK A, sama seperti skulnya dulu di TK pertamina Tanjung. Itupun kelasnya full :(
Yang paling menarik bagiku bukannya masalah kebersihan, walaupun itu penilaian penting bagiku di sekolah2 yang sebelumnya kulihat. aku bahkan ga ngeliat bagian dalam sekolah, hanya sampai kantor TU. Tetapi ketika mereka bicara visi sekolah ini, aq langsung tertarik. sharing visi sekolahnya begitu jelas disampaikan padaku. Right from the start, caring and sharing, merupakan mottonya Athalia. mereka justru menyarankan parents untuk mencari tahu soal sekolah2 lain selain sekolahnya, membandingkan, bahkan mendoakan terlebih dahulu mana sekolah yang tepat untuk anak kita. apa alasan kita memilih athalia juga akan ditanyakan, mereka juga bahkan punya komunitas ortu-guru. sound nice yaa...
ini linknya: http://sekolahathalia.sch.id/ , web nya juga dikelola dengan baik lhoo... -kok jadi promosi yaa...??-

biaya2nya aku lupa. sekitar 6jt an klu ga salah untuk pembangunannya (TK)

6. Happy Holy Kid
Nice skul, kecil tapi bersih, guru2nya selalu doain muridnya kayaknya hehehe,,, karena pas ku datang mereka lagi pada jam doa. Lebih pentingnya, para murid setiap pagi akan diajak praise n worship selama setengah jam. like dis :)
tapi selain letaknya jauh, -di villa melati mas juga sih- maenannya dikit banget, fasilitas minim kayaknya.
uang sumbangan sekitar 1jt an, spp sekitar 4oorb an.

hanya ini skul di sekitaran villa melati mas yang aq bisa kunjungi. Itupun dah capek kali..., sialnya motorku ngadat pas mau pulang :( untung banyak orang yang berbaik hati membantuku.

ada banyak skul lain yang ga kukunjungin, kayak Binus yang biayanya ku ga mampu..., TK mitra penabur di BSD yang ga sempat dicari n ga tau lokasinya juga, SWA yang bisa buat bangkrut walaupun deket rumah, anderson school ga sempat dikunjungin, padahal dari wikimapia letaknya deketan ama st.ursula. St. john bsd juga ga dikunjungin berkat rekomendasi teman yang bilang skulnya terlalu mewah n komersial, efata school di villa melati mas ga disamperin walau dilewatin karena baca komen ga baik dari gurunya sendiri di web -ketemu pas lagi browsing- ,kiddy montessori juga ga sempat nyari, dis german int skul pasti muahalll, kinderfield bsd kelupaan nyari... hehehe...,st antonius padua dah ga sempat nyari...

Esoknya hunting lagi, kali ini cuman yang disekitaran bsd aja.

1. OeL, PG-TKnya bersih, lumayan lebar, play graoun ada mainannya dikit, yang penting... kita ga ketemu principalnya kr lagi meeting katanya. adminnya juga ga bisa ngasih tau kegiatan biaya2nya.promonya kurang menurutku. skul ini juga menolak berkomunikasi via telfon sewaktu aku nelfon sampe 2 kaliii.... so, kami pulang-with papa yang lagi bisa nemenin jalan2 saat itu-
lanjut ke...

2. Santa Ursula.
Bukannya promo.., tapi sekolahnya luas banget, bersih, guru2 n principal welcome banget, berdasarkan hasil browsing juga banyak yang reko, termasuk temennya suamiku. Jelas kita suka, tapi biayanya juga lumayan. Mana waktu kita mendaftar TKB, pendaftaran untuk SDnya di tahun ajaran depan juga sedang dibuka, n hanya 3 hari. Otomatis biaya yang harus dikeluarkan jadi double, bahkan triple :( karena uang sumbangan SD 2x lipat TK. Karena masih bingung, kita tunda keputusannya dulu, sambil liat2 skul laen.

3.stella maris, ok, gede, denger2 sih bagus.
yang bikin ga jadi karena skulnya nyampur ama sd-smp-sma, bising banget pas kami datang. fasilitas sepertinya lengkap. banyak tersedia angkutan antar jemput lagi. anak seorang teman juga sekolah disitu. biaya lebih murah dari sanur, juga bisa dicicil.
TKB normal:9jt, paket: 20jt (s/d SD) bisa dicicil 5x, spp 850rb, uang kegiatan 1,2jt, buku+seragam:800rb
KBB : 7,5jt s/d ke TKB, spp 850rb, Ug keg: 850rb, buku+seragam: 800rb
formulir 200rb, trial 1x.

Pikir2 sambil doain, kita akhirnya mutusin ambil st.ursula. sekolah katolik yang terkenal dengan kedisiplinannya. biayanya lumayan. yang harus dibayar biaya TKB aja yang dah pertengahan TA tetap harus dibayar full, sebanyak 8jt. ga ada dispensasi. uang sekolah 900rb/bln, biaya seragam 300rb n formulir 125rb. sekalian juga langsung daftar ke SDnya, yang denger2 dari ibu2 disitu bakal masuk otomatis, tapi kisaran biayanya 20jt.50%bayar saat diterima, sisanya dicicil 5x setiap bulannya. gigit jari ngeluarin duitnya.... untung duitnya ada... huffhhhh... belum lagi mikir adiknya kesya taon depan juga harus masuk PG, katanya biayanya 17,5 jt dah sampai TKBnya. karena duitnya ga cukup, apalagi kita masih pindahan... butuh biaya besar..., Kesya ga didaftarin masuk, sambil berdoa berharap moga bisa kayak mary taon depan aja didaftarinnya.


Yaaa gitu dehhh....
Berharap Mary enjoy dengan skul barunya...




Komentar

  1. Salam kenal Mom,

    saya Indah, kebetulan tinggal di BSD juga dan sedang mempelajari sekolah2 untuk anak saya walaupun baru 14 bulan :) jadi biar ada persiapan gitu buat dananya
    Tadinya memang pengen di Santa Ursula tapi lumayan juga yah dananya, apalagi buat 3 tahun lagi hihi.. Anyway thanks banget ulasannya, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Salam kenal...kebetulan aku jg tertarik mau masukin anakku ke SD sanur BSD. Kira2 kurikulumnya berat ga ya? Masuk kelas 1 apakah sudah harus bisa calistung? Bahasa pengantarnya indonesia kan ya. Thanks sebelumnya ya

    BalasHapus
  3. makasih bgt nih info nya soalnya pas bgt aku mw pindah ke serpong... btw sama2 dr kalsel nih tp aku dr bjm nya hehehe.....;)
    salam kenal :)
    stella

    BalasHapus
  4. hello.. salam kenal.. Kalau St.Antonius Padua dan Sekolah Anderson gimana.. apa ada yang tau atau pernah dengar2 tentang dua sekolah ini? makasih..
    Elvi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah anderson.... lingkungan sekolah nya ga gitu enak ya kalau aku bilang.... lbh seperti gudang... ga nyaman utk anak anak sekolah cuma denger denger sich uang buku disana lumayan mahal loh.... uang sekolah anak umur 3 tahun aja 3juta.... cuma keunggulan nya bahasa pengantar bahasa inggris.... sedangkan st. Antonius setahu aku itu sekolah yg berbahasa pengantar indonesia.... bahasa inggris hanya ada 1 minggu sekali saja.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. St.ursula lebih banyak libur dan santai dr pd efata yang gk santai

    BalasHapus
  7. Hello Mom,
    Salam Kenal... Anak ku juga rencana nya mau daftar SD Santa Ursula.
    So Far, anak nya skul di Sanur BSD gimana? Porsi pelajaran B. Inggris dan mata pelajaran yang lain gimana? Setau aku khan Sanur BSD national aja ya...
    Gimana dengan guru-gurunya? Apakah mereka membimbing murid-murid dengan telaten? Tolong share nya ya Mom..

    Thanks,
    Tika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mom kartika.... sanur itu sekolah favorite banget loh di bsd.... anak anak sma saja tidak bole bawa motor di sekolah.... mereka hanya diperbolehkan membawa sepeda.... pelajaran nya mantab.... displin..agama.. tata krama... semua jempolan dh.

      Hapus
  8. Bunda Eunike.. Makasih banget atas informasi yang berharga ini. Krn aku tinggal daerah melati mas. Aku salut sama bunda yg gigih cari sekolah yg tepat untuk anaknya.. Semoga kita semua mendapatkan sekolah yg tepat untuk anak kita.. Amin.. Thanks before bunda Eunike

    BalasHapus
  9. Mom,di sanur ada jasa antar jemput ga ya yg bagus & terpercaya? Trus,tempat bimbel untuk anak2 sanur BSD biasanya dmn y?thx

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman psikotes

Ini hari yang melelahkan. Mengikuti psikotes di sebuah perusahaan grup lippo.  Sebenarnya ini lebih mudah dibanding pengalaman psikotes yang lain. Tapi, entah kenapa -mungkin karena ac nya yang terlalu dingin, atau ga prepare banget, atau...... Tapi aku lulus sih, tinggal tunggu interview bbrp jam lagi. :D Psikotesnya biasa, kayak yang di online2 itu. Judulnya ICT, atau IST yakk?? Lupa,, hadehhh.... Misale, jarak jak-surabaya, panjang uang kertas 50rb, gabung2in gambar, soal2 math yg mudah mudah tapi butuh kecepatan, dan soal math seri,  penalaran kalimat, bahasa inggris, n test memory selama 3 menit, yg soalnya dengan mudah dijumpai di internet. ( kata2 ttg bunga, binatang, perkakas, kesenian,burung) Puji Tuhan aku lulus. Tipsnya hanya satu. Rajin latihan soal, n browse sebanyak mungkin soal2nya di internet. Kali ini ga ada pauli/kreplin test, draw a man test, or gambar pohon. So,,, jauh lebih mudah dari yg pernah aku lewati.   Yang nguji juga hanya tim HR. Ga ada tim psikolognya. Tem

TK dan SD sekitaran BSD

Saking banyaknya pengunjung di ceritaku tentang hunting tk buat Marry, kuputuskanlah untuk menulis lagi tentang TK dan SD yang ada sekitaran BSD tempatku tinggal saat ini. Mary sekarang kelas 2SD sanur, dan Keziah, di TKA sanur. Perjuangan untuk masuk kesini ga susah kayak yang beredar diluaran deh. Simpel aja, asal duitne cukup, hehehe.... Keziah, si bungsu, sebelum masuk TKA Sanur, Playgroup an dulu di Kinderfield. And its really a Greaaaattttt school, i think :)  Alasannya aku masukin kez di kinderfield sebenarnya di masalah biaya. Di 2012, kami ga sanggup masukin kez di sanur, krn dari PG, biayanya 17,5juta unt uang masuk aja waktu itu. Sementara, kita baru pindah dari kalsel, n baru masukin Mary ke TKB Sanur yang NB ga nyampe setaon lagi, kudu bayar uang masuk 10jt, ditambah uang skul SD yg sdh buka pendaftaran di angka 20jt. Jadilah kez masuk kinderfield, dengan biaya waktu itu, 3jeti untuk uang masuk sampai Selesai TK, dan bulanan 800rb. Tahun kemarin, bulanannya naik 1,2 klu ga