Langsung ke konten utama

Keinginan Untuk Berbuat Baik

Tulisan ini buat boru panggoaranku Mary.

Saat membaca renungan pagi hari ini, ada hal yang terfikirkan olehku mengenai keinginan untuk berbuat baik.
Tema renungan kali ini diambil dari Roma 7:19 yaitu :
"Sebab bukan apa yang Aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat."
Keinginan untuk berbuat baik pasti ada dalam diri setiap orang, termasuk aku dan putriku Mary. Beberapa kali aku menegurnya tentang kebiasaan cepat marah dan berteriak, dan berulang kali juga putriku ini bilang  "susah mama.., mary sudah usahakan tapi ga bisa" plus lanjutannya.."Keziah sih, (atau) Kak Lina sih..., " atau orang orang lain yang nyebabin kemarahannya tersebut.

Pagi ini, belajar dari renungan dan belajar dari alkitab, aku mengerti bahwa nature manusia memang cenderung berbuat yang jahat yang tidak kita kehendaki. Bukan hanya terjadi padaku, yang juga mudah marah, dan juga bukan hanya terjadi pada putriku, tetapi pada semua manusia yang notabene tidak sempurna.

Mengikuti kehendak baik kita tidaklah mudah. Karena godaan untuk melakukan hal yang tidak baik sangat besar. Karena itu, menurutku, bukan hanya berusaha menjadi contoh yang baik tentang kemarahan, kepada putriku, tetapi aku juga harus mendoakan 'kemarahannya' tersebut supaya Tuhan gantikan dengan damai sejahtera dan sukacita yang berasal dariNya. Usaha manusia akan sia sia jika tidak melibatkan Tuhan. Tetapi kuasa Tuhan itu luar biasa dalam mengubahkan seseorang.

Aku juga bukan ibu yang sempurna yang bisa mencontohkan kebaikan sempurna bagi putriku, sebesar apapun usaha yang aku lakukan. Kelas kelas parenting, buku buku parenting, motivator motivator hanya akan sedikit membantu merubahkan keluarga kita, ini yang aku alami. Tapi syukurnya, kami berdua sama sama memiliki figur sempurna yang dapat menjadi panutan kami untuk berbuat baik, yaitu Yesus. Selama aku memberikan waktuku untuk membaca dan mengerti akan Firman Tuhan bersama sama putriku Mary, dan keseluruhan keluargaku, maka aku yakin kehendak baiklah yang akan memenangkan tubuh kami ini.

--Belajar taat baca Firman setiap hari bersama sama anak anak--

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman psikotes

Ini hari yang melelahkan. Mengikuti psikotes di sebuah perusahaan grup lippo.  Sebenarnya ini lebih mudah dibanding pengalaman psikotes yang lain. Tapi, entah kenapa -mungkin karena ac nya yang terlalu dingin, atau ga prepare banget, atau...... Tapi aku lulus sih, tinggal tunggu interview bbrp jam lagi. :D Psikotesnya biasa, kayak yang di online2 itu. Judulnya ICT, atau IST yakk?? Lupa,, hadehhh.... Misale, jarak jak-surabaya, panjang uang kertas 50rb, gabung2in gambar, soal2 math yg mudah mudah tapi butuh kecepatan, dan soal math seri,  penalaran kalimat, bahasa inggris, n test memory selama 3 menit, yg soalnya dengan mudah dijumpai di internet. ( kata2 ttg bunga, binatang, perkakas, kesenian,burung) Puji Tuhan aku lulus. Tipsnya hanya satu. Rajin latihan soal, n browse sebanyak mungkin soal2nya di internet. Kali ini ga ada pauli/kreplin test, draw a man test, or gambar pohon. So,,, jauh lebih mudah dari yg pernah aku lewati.   Yang nguji juga hanya tim HR. Ga ada tim psikolognya. Tem

Hunting TK buat Marry...

Buat moms yang lagi hunting skul PG-TK, aq ada beberapa hal yang akan dibagikan. Saat ini, putriku Marry dah masuk TK-B Santa Ursula BSD. Tapi proses sebelum sampai kesana lumayan ribet, terutama pas huntingnya... pusing and cape pastinya. Diawali dengan niatan pindah dari Tanjung-Kalsel, ke Jakarta karena si Papa dah bekerja n netap di jakarta selama sekitar 6 bulan, kita mutusin akan pindah sekitar Oktober. Mengingat Mary dah 5 tahun per september and dia masih duduk di TK-A Pertamina Tanjung, kita harus move cepat. telfon sana sini -sekitaran BSD tentunya-, nyari TK yang mau terima mary langsung di TK-B. Ternyata, banyak yang oke. Saat ambil cuti sekalian ngantar mary n kesya pindah ke Jakarta, kesempatan buatku cek2 lokasi sambil berkomunikasi ama TU atau Principal skul2 tersebut. Ada beberapa sekolah yang tidak bersedia memberi informasi yang cukup via telfon, jadi harus bertemu muka. Tapi umumnya soal uang sumbangan, spp dsj ga ada yang akan mau bicara di telfon. Saat mengunjun

TK dan SD sekitaran BSD

Saking banyaknya pengunjung di ceritaku tentang hunting tk buat Marry, kuputuskanlah untuk menulis lagi tentang TK dan SD yang ada sekitaran BSD tempatku tinggal saat ini. Mary sekarang kelas 2SD sanur, dan Keziah, di TKA sanur. Perjuangan untuk masuk kesini ga susah kayak yang beredar diluaran deh. Simpel aja, asal duitne cukup, hehehe.... Keziah, si bungsu, sebelum masuk TKA Sanur, Playgroup an dulu di Kinderfield. And its really a Greaaaattttt school, i think :)  Alasannya aku masukin kez di kinderfield sebenarnya di masalah biaya. Di 2012, kami ga sanggup masukin kez di sanur, krn dari PG, biayanya 17,5juta unt uang masuk aja waktu itu. Sementara, kita baru pindah dari kalsel, n baru masukin Mary ke TKB Sanur yang NB ga nyampe setaon lagi, kudu bayar uang masuk 10jt, ditambah uang skul SD yg sdh buka pendaftaran di angka 20jt. Jadilah kez masuk kinderfield, dengan biaya waktu itu, 3jeti untuk uang masuk sampai Selesai TK, dan bulanan 800rb. Tahun kemarin, bulanannya naik 1,2 klu ga